outlook pun bisa di program, sebuah pengenalan
Microsoft outlook bukanlah aplikasi yang kaku, tetapi Microsoft outlook dapat dikostumasi dan diprogram

Microsoft office outlook merupakan bagian dari paket Microsoft office, di mana aplikasi tidak hanya sebuah aplikasi e-mail client biasa tetapi aplikasi Microsoft office outlook dilengkapi dengan contact management, task management, scheduling dan sebagainya. Karena begitu banyak fitur di dalamnya kadang kalanya kita ingin melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan contohnya
kustomisasi rule ketika message ada yang dating
pencarian dan penggantian data seperti kode pos, e-mail dan sebagainya
schedule yang dapat dikustomisasi
kustomisasi untuk integrasi dengan Microsoft office lainnya

pada artikel kali ini, penulis akan memaparkan beberapa tool yang dapat di gunakan untuk memprogram Microsoft office outlook 2007

Tool untuk memprogram outlook
Ada banyak tool yang dapat digunakan untuk memprogram Microsoft office outlook 2007. berikut ini beberapa tool yang dapat digunakan :
Visual basic for application (VBA)
Outlook forms
Visual studio
Masing masing tool ini menyediakan kelebihan dan kekurangan. Bagi pembaca yang sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman VB, maka ketiga tool seperti VBA dan outlook forms sangat cocok untuk digunakan. Bagi pembaca yang sudah terbiasa pemrograman .NET, baik dengan menggunakan bahasa C# maupun VB.NET, maka tool Visual Studio akan sangat cocok digunakan untuk memprogram Microsoft Office Outlook 2007

Visual Basic for Application (VBA)
Visual Basic for Applications atau VBA adalah bahasa dan model pemrograman yang digunakan untuk menulis dan testing kode macro yang dapat dijalankan sesuai dengan keinginan serta prosedur yang dapat merespon event yang terjadi pada outlook. Dikarenakan outlook tidak mempunyai Macro Recorder (kita biasanya menemukan ini pada word dan Excel) sehingga kita harus menulis kode VBA untuk outlook dari awal.
Sebelum melakukan memprogram VBA pada Microsoft office outlook 2007, maka kita harus melakukan konfigurasi security macro. Ini dapat dilakukan sebagai berikut :
1. Pada menu outlook klik menu tool pilih macro dan security
2. selanjutnya akan muncul kotak dialog Trust Center
3. pada macro security, pilih “Warnings for all macros”
4. jika selesai klik tombol OK
lalu, kita dapat memanggil VBA editor melalui menu outlook, yaitu tools pilih macro dan visual Basic Editor. Setelah di klik, kita kaan mendapatkan kotak dialog VBA editor.VBA memang menawarkan kedekatannya dengan outlook karena memang menjadi satu kesatuan dengan outlook. Dari sudut biaya, kita tidak mengeluarkan uang sama sekali karena VBA Editor sudah menjadi satu paket dengan Microsoft Office Outlook selain itu, Microsoft juga sudah menyediakan dokumentasi Help pada VBA sehingga kita tidak perlu khawatir mengenai pemrogramannya.

VBA editor juga menyediakan fitur GUI yang memungkinkan kita melakukan kustomisasi tampilan ataupun menambahkan form baru. Form ini dikenal dengan user form. Pada VBA editor, di bagian project anda bisa klik kanan sehingga muncul menu.selanjutnya pada VBA editor kita akan menjumpai suatu form dan ini dapat langsung di isi dengan berbagai form control lainnya

Outlook forms
Outlook form atau dikenal custom form merupakan salah satu cara kustomisasi form pada outlook. Outlook form ini tidaklah sama seperti user form pada VBA. Semua outlook form atau custom outlook dimulai dari bentuk form awalnya beda dengan user form pada VBA editor, dimana di mulai dengan form kosong.

Untuk memulai bekerja dengan outlook form dapat dilakukan sebagai berikut :
1. Buka Microsoft outlook 2007
2. klik menu tools pilih design a form
3. selanjutnya akan muncul kotak dialog design form
4. misalkan kita memilih form contact dan lalu klik tombol open
5. muncul semua design form untuk form contact

Visual studio
Visual studio adalah tool andalan untuk development di lingkungan Microsoft karena tool ini mempunyai banyak tujuan dan fungsi. Khusus untuk pengembangan aplikasi pada Microsoft office outlook, kita dapat menggunakan minimal Visual Studio 2005 keatas khusus VS 2005 harus install VSTO (Visual Studio Tools for Office). Sedangkan,untuk Visual studio 2007 sudah menyiapkan template project.

0 comments:

 

My Favorites

IKLANKU

wibiya widget

BLOG SOFTWARE Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template