Memblok Spam dengan Layanan pada Email

Spam telah berevolusi dari hal yang mengganggu menjadi hal yang bisa membahayakan. Jumlah spam yang masuk kedalam email kita bisa mengganggu produktivitas, privacy, keamanan bahkan bisa mengandung virus!  

Untungnya layanan email seperti Outlook, Outlook Express, Thunderbird/Mozilla Mail dan Newsgorup, Eudora, atau Opera Mail memiliki piranti antispam terpasang di dalamnya. Berikut ini cara untuk mengaktifkannya.

Outlook/Outlook Express: meskipun Microsoft sudah menambahkan fasilitas perlindungan terhadap spam pada kedua layanan emailnya, hanya Outlook yang mempunyai fasilitas filter email sampah; fasilitas ini berkerja dengan memindahkan email yang ditenggarai sebagai spam ke dalam folder sampah berdasarkan alamat pengirim dan daftar kata-kata yang "bersifat" spam statis (dan tidak dapat diakses). Filter yang ada pada Outlook 2003 sebenarnya kurang mendatangkan manfaat pada pencegahan spam, pengaturan realtive yang ada ini masih bisa di tembus oleh spam. Untuk mengaktifkannya silakan coba langkah berikut ini: Pilih menu "Tools", masuk ke "Options", pilih "Preferences", klik tombol "Junk Email", pilih "Low" atau "High" kemudian klik "OK". Jika tidak, kita menggunakan SpamBayes, sebuah filter open source dan bisa didapatkan gratis. Filter SpamBayes menggunakan analisis statistik isi email untuk menyeleksi spam dengan akurasi yang tinggi.

Thunderbird/Mozilla Mail & Newsgroups: Jika Anda menggunakan salah satu dari dua program ini, maka bersyukurlah. Kedua program ini mempunyai filter email sampah yang bekerja berdasarkan analisis statistik isi email seperti pada SpamBayes. Tetapi program ini memerlukan waktu terlebih dahulu untuk dapat bekerja secara penuh. Untuk mengaktifkannya pilih "Tools", masuk ke "Junk Mail Controls", periksalah dua opsi pertama yang ada pada "Handling" untuk membuat email yang diduga sebagai spam dikirim ke folder junk, dan klik "OK". Untuk membantu program ini membangun basis data karakteristik spam, pilih satu atau lebih email spam, kemudian klik ikon "Junk" pada Toolbar. Periksalah selalu folder junk, bila ditemukan email yang bukan email spam, klik ikon "Not Junk". Setelah masa training yang pendek ini, program ini akan dapat meyeleksi email Anda dengan tingkat akurasi yang luar biasa.

Eudora 6.2: Layanan email ini menyediakan fasilitas filter spam, hanya saja sayangnya kita harus mengeluarkan uang US$ 50, atau US$ 40 untuk mengupgrade layanan email, karena layanan ini tersedia untuk versi "bayar" Eudora. Tetapi bila kita enggan membayar, kita menggunakan SpamBayes sebagai server proxy.

Opera 7.54: seperti halnya Thunderbird atau Spambayes, layanan email ini menyertakan fitur yang belajar dari kita untuk mengenali spam dan bukan spam. Tetapi bila Anda tidak sabar akan lambatnya program ini untuk belajar, lebih baik kita menggunakan SpamBayes saja.

0 comments:

 

My Favorites

IKLANKU

wibiya widget

BLOG SOFTWARE Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template